IKLAN

Form sign up dan Login untuk pembangunan sebuah web dengan berbasiskan member saat ini sudah menjadi tren bagi para webmaster yang ingin membangun web yang Profesional. Pada artikel ini akan dijelaskan tutorial untuk membuat form sign up dan login yang masih berbentuk sederhana. Untuk selanjutnya, anda dapat membuat sendiri pengembangan dari script ini.
1. Langkah pertama, anda harus membuat file ” Config.php”. File ini berfungsi menghubungkan script yang anda buat dengan database. Isi dari file ”config.php”
Simpan file tersebut di root web anda. Setelah selesai, anda dapat melanjutkan pada tahap yang kedua.
2. Buat file dengan nama ”create.php”. File ini berfungsi menjalankan perintah query database dalam pembuatan table signup dan login ini. Isi dari file ini dapat anda lihat dibawah.
3. Sekarang anda perlu membuat form yang digunakan pengunjung untuk sign up dan berikan nama ”register.html”. File yang anda buat ini boleh berupa halaman HTML biasa yang nantinya akan terhubung pada script php yang nantinya anda akan buat. Untuk percobaan yang sederhana, anda dapat mengkopi script di bawah pada halaman baru dreamweaver .
Pick a Username:
Pick a Password:
4. Setelah itu buat file dengan nama ”register.php”. File ini akan berfungsi sebagai perantara yang menghubungkan file register.html diatas dengan database yang sudah anda buat. Untuk isi dari file ”register.php dapat anda lihat dibawah.

5. Sekarang anda perlu membuat form member untuk Login. Beri file ini dengan nama ”login.html”. Isi dari file ini yaitu sbb.
Username:
Password:
6. Sekarang anda perlu membuat file yang akan menghubungkan file login.html dengan database, berikan nama file ini dengan ”login.php”. Scriptnya dapat anda lihat dibawah.

7. perhatikan file tersebut pada baris ketiga paling bawah, disana berisi a href=”members.php”> members.php ini adalah sebuah area yang hanya bisa dilihat oleh para member. Anda dapat membuat file members.php dengan kreasi sendiri. Sekarang saya akan menjelaskan script yang digunakan untuk mengecek cookie, apakah orang tersebut sudah login atau tidak. Simpan scipt ini di seluruh area members. Scriptnya sbb;
8. Fiuuuhhh…akhirnya script yang terakhir yaitu script untuk logout. Script ini dapat dihubungkan dengan link pada html biasa. Link ini diletakkan pada area member. Untuk isi scriptnya dapat anda lihat sbb:

Selamat berkreasi.!!!!

0 komentar:

terjemahan

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified